Senin, 26 Oktober 2015

AKTIVITAS SISTEM INFORMASI

Setiap sistem informasi memiliki aktivitas pemrosesan informasi dasar atau pemrosesan data. Aktivitas sistem informasi meliputi input data, pemrosesan data, output data, penyimpanan data, dan pengendalian yang ada dalam sistem informasi. 
a.         Input sumber daya data, data mengenai transaksi bisnis dan kegiatan lainnya harus ditangkap dan disiapkan untuk pemrosesan melalui aktivitas input. Input biasanya berbentuk aktivitas entri data seperti pencatatan dan pengeditan.
b.        Pemrosesan menjadi informasi, data biasanya tergantung pada pemrosesan seperti perhitungan, perbandingan, pemilahan, pengkalsifikasian, dan pengikhtisaran yang bertujuan untuk mengatur, menganalisis, dan memanipulasi data hingga mengubahnya ke dalam informasi bagi pemakai akhir.
c.         Output produk informasi, informasi dalam berbagai bentuk yang dikirim kepada pemakai akhir.
d.        Penyimpanan sumber daya data, penyimpanan adalah aktivitas sistem informasi tempat data dan informasi disimpan secara teratur.
e.         Pengelolaan kinerja sistem, aktivitas sistem informasi adalah pengendalian kinerja sistem.


PERAN SISTEM INFORMASI
Peran  sistem informasi untuk sebuah perusahaan adalah untuk mendukung proses dan operasi bisnis, mendukung pengambilan keputusan para pegawai dan manajernya, dan mendukung berbagai strategi untuk keunggulan kompetetif.



contoh sistem informasi penjualan