Senin, 26 Oktober 2015

SISTEM

Manusia hidup didunia penuh dengan sistem, di sekeliling manusia apa yang dilihat sebenarnya adalah kumpulan dari suatu sistem. Menurut McLeod sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan tujuan yang sama untuk mencapai tujuan

Berdasarkan definisi sistem yang dikemukakan  dapat ditarik kesimpulan bahwa “Sistem adalah kumpulan bagian-bagian atau subsistem-subsistem yang disatukan dan dirancang untuk mencapai suatu tujuan”
Dalam suatu sistem memiliki beberapa unsur yang membedakan berdasarkam sistem yang membentuknya. Suatu unsur baru dapat disebut sistem, bila memiliki sebuah karakteristik yang menyusunnya. Berikut adalah karakteristik yang membedakan antar sistem lainnya:
  1. Komponen (components) : Merupakan segala sesuatu yang menjadi bagian untuk menyusun sistem maupun proses dalam sistem yang dapat mengubah proses masukan (input) menjadi bentuk keluaran (output). Komponen ini biasanya adalah subsistem dari sebuah sistem.
  2. Batas (boundry) : Sebuah batasan dari sistem yang bertujuan untuk membedakan satu sistem dengannsistem yang lain. Batasan sistem akan memberikan sebuah scope tinjauan terhadap sistem.
  3. Lingkungan (environments) : Merupakan sesuatu yang berada dari luar sistem, lingkungan sistem ini dapat bersifat menguntungkan maupun merugikan. Lingkungan sistem yang menguntungkan akan selalu dipertahankanuuntuk kelangsungan sistem itu sendiri, sedangkan sistem yang merugikan harus diupayakan memiliki pengaruh yang minimal bahkan mungkin ditiadakan dari sistem.
  4. Penghubung Antarmuka (interface) : sebuah penghubung atau antarmuka yang bertujuan untuk menjembatani, berinteraksi dan berkomunikasi  antar komponen terhadap sistem yang berfungsi untuk menjalani fungsi dari setiap komponen.
  5. Masukan (input) : sesuatu  yang diperlukan untuk di inputkan dan menghasilkan output yang diolah lebihhlanjut dipergunakan untuk menghasilkan keluaran yang berguna. Dalam SistemmInformasi disebut dengan data.
  6. Pengolahann(processing) : pengolahan ini merupakan komponen sistem yang memiliki peranppaling utama untuk mengolah masukan agar menjadikkeluaran yang bermanfaat bagi penggunanya.
  7. Keluaran (output) : komponen sistem yang berupa macam-macam bentuk keluaran yang dihasilkan dati komponenppengolahan.
  8. Sasaran dan Tujuan (objectives) : merupakan kondisi atau hasil akhir yang ingin dicapai dari sebuah sistem , dalam hal ini sasaran dapat berupa hasil pada setiap tahapan untuk mencapai tujuan sistem.
  9. Kendali (control) : setiap komponen sistem perlu dijaga agar tetap menjalankan tujuan masing-masing sistem, kendali ini dapat berupa validasi proses maupun validasi keluaran yang dirancang secara terprogram.
Ada beberapa elemen yang dapat membentuk sebuah sistem, yaitu :
1.   Tujuan
Sebuah sistem harus memiliki tujuan, entah hanya memiliki satu atau lebih. Tujuan inilah yang menjadi tolak ukur yang mengarahkan sistem. Tanpa adanya tujuan sistem maka sistem tidak akan mempunyai arah dan tak terkendali.
2.   Masukan
Segala sesuatu yang masuk atau inputan yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diolah. Masukan dapat berupa sesuatu yang nampak secara fisik ataupun yang tak nampak secara fisik.
3.   Proses
Pemprosesan yang dilakukan suatu bagian untuk melakukan perubahan dari masukan menjadi keluaran yang lebih dapat memberikan manfaat.
4.   Keluaran
Keluaran yang disebut juga dengan output merupakan hasil dari suatu pemprosesan. Hasil suatu keluaran dapat berupa informasi, saran, maupun cetakan laporan .
5.   Batasan
merupakan suatu pembatas antara sistem dan daerah luar sistem (lingkungan). Batas sistem menentukan konfigurasi antar kemampuan sistem atau  ruang lingkup .
6.   Mekanisme Pengendalian dan Umpan Balik
Mekanisme pengendalian (Control Mechanism) diterapkan menggunakan umpan balik (feedback) yang mencuil keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengontrol baik masukan maupun proses. Dengan tujuan untuk memantau sistem yang sedang berjalan agar sesuai dengan tujuan.
7.   Lingkungan
      Lingkungan merupakan segala sesuatu  yang  berada  di  luaran  sistem.  Yang   
      dapat  berpengaruh   terhadap   sistem  apakah  menjadi  menguntungkan  atau
      merugikan.



contoh sistem informasi penjualan