Senin, 26 Oktober 2015

SUMBER DAYA SISTEM INFORMASI

Sistem informasi memiliki lima sumber daya, yaitu sumber daya manusia, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), data dan jaringan. 
a.         Sumber Daya Manusia, sumber daya manusia dibutuhkan untuk mengoperasikan semua sistem informasi. Sumber daya manusia meliputi pemakai akhir dan pakar sistem informasi. Pemakai akhir adalah orang-orang yang menggunakan sistem informasi atau informasi yang dihasilkan sistem tersebut. Sedangkan pakar sistem informasi adalah orang-orang yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem informasi.
b.        Sumber daya hardware meliputi semua peralatan dan bahan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi. Sumber daya ini meliputi sistem komputer dan perlengkapan lainnya.
c.         Sumber daya software, sumber daya software meliputi semua rangkaian perintah pemrosesan informasi. Sumber daya ini meliputi software sistem, software aplikasi dan prosedur.
d.        Sumber daya data, sumber daya data yang harus dikelola secara efektif agar dapat memberikan manfaat para pemakai akhir dalam sebuah organisasi.

e.         Sumber daya jaringan, menekankan bahwa teknologi komunikasi dan jaringan, meliputi media komunikasi dan dukungan jaringan.

contoh sistem informasi penjualan